Thursday, April 28, 2011

Culture Shock di Tempat Kerja



Dari beberapa pengertian Culture Shock yang ada disini, semua pada intinya sama yaitu rangkaian emosional yang dialami seorang individu ketika berada ditempat baru yang berbeda dari tempat sebelumnya (asalnya). CMIIW


Siapa sangka, kepindahan ku ke Bandung ternyata membuatku harus turut merasakan culture shock  bukan dilingkungan tempat tinggal namun di dilingkungan kerja

Sebelumnya, selama 12 tahun (xixi .. ketahuan udah tua) aku mengalami ritme kerja yang kadang-kadang harus berpindah dari satu gedung ke gedung yang lain dikarenakan posisi para pimpinan yang tidak selalu berada ditempat. Juga karena perusahaan menganut sistem struktur SDM yang ramping jadi kita sebagai sumber daya nya dituntut untuk bisa bersikap multitasking. Walaupun begitu kita menganggapnya sebagai sebuah bentuk kepercayaan dan tantangan, bukan sebagai beban.

Sedang disini ... aku harus duduk manis di kantor dan  karena jenis usaha  public service yang menuntut ketelitian sehingga struktur SDM nya lebih komplit dan terstruktur.

Karena stuktur  yg lebih  komplit dan rantai pekerjaan yang berhubungan satu dengan yang lain  berakibat adanya jeda/waktu luang yang sangat panjang  untuk bisa sampai pada tugasku, juga cara kerja yang sangat jauh berbeda sehingga tahap krisis pun muncul yaitu rasa marah, jenuh dan mengkritik sistem kerja seperti ini.

Aku mulai membandingkan cara kerja di lingkungan baru dengan tempat lama ku dahulu yang menurutku lebih efisien dan selalu tepat waktu

TIDAK .... keadaanku tidak boleh terus seperti yang diuraikan disini .. Aku harus bisa mengatasi mengatasi semua ini. Aku tidak mau mengorbankan tubuhku sendiri .

Akhirnya aku memilih cara ku sendiri utk mengatasi hal ini 

  1.  BERSYUKUR kepada Allah SWT ...Disaat masih banyaknya pengangguran,  aku masih mempunyai pekerjaan sehingga  bisa terus membiayai semua amanah yang dititipkan kepadaku. Alhamdulillah. Walaupun memang tidak seperti di Jakarta krn adanya perbedaan UMK, namun Insya Allah aku bahagia karena saat ini bisa mendampingi suami ku. Jalan keluarnya mungkin harus lebih giat promosi Dapur Rayya  ( loh kog malah promosi.com)
  2. Sharing dengan orang terdekat. Dalam hal ini suami ku (makasih ya a' .. terlalu sering direpotkan istrinya, karena dibalik ketegarannya tetap saja seorang manusia biasa alias cengeng  )
  3. Membangun zona stabilitas. Alhamdulillah disini fasilitas internet sangat memuaskan, jadi aku bisa browsing segala macam resep yang aku mau, browsing tentang tips2 dan cara membuat kue, melihat cara  mendekorasi kue dari youtube.  Pokoknya berusaha memuaskan keingintahuanku tentang Baking.
  4. Berdamai alias kalau ada beberapa hal yang memang harus diperbaiki sistemnya aku coba utarakan langsung kepada GM disini,  tentu saja tidak serta merta bisa langsung diperbaiki dan bahkan diterapkan. Namun setidaknya, uneg2 ku bisa keluar. Dan Alhamdulillah akhirnya aku bisa bertukar pikiran, pengalaman dan ilmu dengan beliau.


~ Gedebage 28 April 2011~
berusaha menulis disaat menunggu pekerjaan datang

Gambar diambil dari sini ...

10 comments:

  1. eh mbak dulu kerja dimana dan skrng dimana?
    klo di bandung semoga aku tau ^^
    kita belum ketemu kan yaaaa

    ReplyDelete
  2. eh mbaaaak
    jago masaaaak bangeeet
    belajar dunndddd
    aku maen2 ke blog dapurnya yaaaa ^___^

    ReplyDelete
  3. selalu begitu ya apalagi di fase2 awal,
    sabar iya sabar , tabah , tawakal hahahah,
    kalo enggak ya sebar2 cv lagi, tapi sepertinya selalu ada masalah di kantor ya
    semangat

    ReplyDelete
  4. tak apa ren.. yang penting niat utama untuk selalu satu kota dan satu rumah dengan aa' nya berhasil kan ? itu yang utama...:)

    ReplyDelete
  5. uni dian bangeeeddd
    family above all ;)
    like this

    ReplyDelete
  6. Ayo kpn mau ketemuan ... nanti aku buatin kue deh :-)
    dulu kerja di deket keramaian n kadang2 hutan beton, skrg kerja di pinggir sawah.. jdnya shock deh .. he he

    ReplyDelete
  7. Boleh sayang ... silahkan main ke blog dapur yg masih amatir banget :-)

    ReplyDelete
  8. Makasih mba Erna ...
    Sebenernya aku bukan type orang yg suka loncat2 kerjaan (mknya betah smp 12 thn) .. mungkin dilihat dulu aja nanti kedepannya bgmn, krn disini jg baru 3,5 bln.. masih perlu byk penyesuaian

    ReplyDelete
  9. Iya uni .. makanya kalau udah dirumah tuh berasa seneng banget ...
    Dikantor aku jd suka mencicil pekerjaan, spy besok nya tdk terlalu bengong ... hiks .. bukan kebiasaan bgt menunda2 pekerjaan. Tp bgmn lagi, spy tdk stress (curcol deh)

    ReplyDelete
  10. iya anti ... mknya dulu berasa berat bgt waktu LDR ... mknya skrg bersyukur bgt aku udah pindah kesini, walaupun dgn segala resiko yg ada.. Tp Insya Allah krn niatnya Ibadah (kumpul brg suami) jdnya semua yg jelek2 diminimalisir aja ..

    ReplyDelete