Sunday, September 19, 2010

Aku Ingin Hamil


Ketika membuka kulkas, mata sang menantu tertumpuk pada satu kotak tape ketan yang dibungkus daun jambu. Seketika langsung timbul hasrat untuk segera menyantap makanan kesukaan nya  itu. Namun (untung nya) etika sebagai seorang menantu yang baru datang langsung menahan  (walaupun sudah ngiler setengah mati ) karena mungkin saja tape ketan tersebut untuk hantaran kerabat alias tidak diperuntukkan untuk orang2 dirumah.
Baru saja menutup kulkas dan membalikkan badan, tiba2 terdengar suara Ibu Mertua bilang kalau ada tape ketan di kulkas dan menawarkan untuk memakan nya. Namun tidak berapa lama terdengar suara  Bapak Mertua menyahut dibelakangnya dan terjadilah dialog dengan sang menantu.

Bapak Mertua : Itu  tape ketan dari Cirebon kemarin , tp kamu jangan makan ya
Menantu : (dengan muka sedikit kecewa karena dilarang makan makanan kesukaannya) .. memang kenapa pak ?
Bapak Mertua : iya .. pokok nya jgn makan yg asam2, terus nanas juga ga boleh. Pokok nya yang 'panas'2 begitu.
Menantu : (langsung berpikir dan berkata dalam hati) jgn2 si Bapak sangka hamil, krn kebetulan ketika datang sang menantu mengenakan longdress Bali (busana yang sebelumnya tidak pernah dia punya)
Bapak Mertua : (meneruskan ucapan) soalnya nanti kalau makan2 seperti itu .... (lupa apa perkataan selanjut nya krn pikiran sang menantu sudah melayang kemana-mana )

Ya... itulah dialog yang terjadi antara aku dan Bapak Mertua tidak lama ketika baru sampai di Indramayu pas mudik lebaran kemarin (pastinya sesudah bersalam2an dan bermaaf2an donk).Terus terang, setiap aku mudik kerumah mertua memang selalu pertanyaan seperti .. Sudah telat belum neng eehhh kamu udah hamil belum ? yang muncul dari mertua, walaupun sudah dijelaskan bahwa aku sudah periksa ke dokter dan hasilnya baik2 saja, juga kita bilang bahwa kita selalu berusaha, berikhtiar dan sudah pasti berdoa kepada Allah SWT walaupun semua Qodar kita pasrahkan kepada Nya.

Walaupun sesaat setelah percakapan itu aku sempat 'blank' sehingga  tidak sempat menyangkal kalau aku belum hamil .. he he, namun kalau dulu sering meratap ke aa setiap mendapati mens,  (Alhamdulillah) saat ini aku sendiri sudah santai dengan pertanyaan2 mengenai kehamilan.

Beruntung diantara orang2 yang 'usil' bertanya kapan aku hamil, aku memiliki banyak saudara, teman dan sahabat yang masih peduli kepada ku. Pernah ada kejadian lucu yang membuat ku sangat terhibur dimana ketika aku mens dan memberitahukan ke aa, malah dia berucap Alhamdulillah. Langsung nanya dengan muka sedikit ngambek, kog malah dibilang Alhamdulillah... Dijawab, ya Alhamdulillah masih mens, berarti istri nya masih muda, coba kalau sudah tidak mens berarti sudah menopause

Selama ini aku juga belajar dari Uni Dian, sepupu ku yang baru diberi amanahNya setelah 9 tahun menikah. Malah suatu ketika pernah aku sharing ke uni Dian kalau ada teman ku yang bilang seperti ini ... Loe belum hamil juga ya ? Payah loe .. sini mau gue ajarin ga ?  .. Mau marah ga sih dibilang seperti itu dan melihat intonasi suara serta  mimik muka nya aku merasa dia sudah keterlaluan . Langsung si uni bilang kalau si Dika (adek nya yg notabene sepupu ku juga dan sama2 belum diberi keturunan) ditanya seperti itu pasti akan dijawab : Boleh,  tapi sini bini loe gue ajarin duluan ..

Judul tulisan kali ini juga aku pilih  karena memang keinginan setiap pasangan  (normal) yang sudah menikah untuk memiliki keturunan. Dan secara kebetulan menemukan sebuah forum di FB dengan nama yang sama.

Kenapa pasangan yang normal ? karena ketika reuni kecil teman2 SMA beberapa waktu yang lalu aku bertemu dengan teman yang sudah 6 tahun menikah dan belum dikaruniai keturunan. Ketika ditanya  (walaupun kehidupan nya sudah sangat mapan)  ternyata dia dan istri nya sampai saat ini belum ingin mempunyai keturunan dan untuk itu mereka sengaja ber KB.

Maaf sebelumnya kalau aku (dan bbrp teman ku) bilang tidak normal, karena menurut kita anak itu adalah rezeki dan anugrah luar biasa dari Allah SWT. Namun bukan berarti kita yang belum diberi anak berarti tidak mendapat rezeki. Karena keturunan itu adalah rezeki bagi mereka yang diberi titipanNya, namun buat yang belum diberi keturunan sudah pasti rezekiNya diganti dalam bentuk yang lain.

Hari ini pun aku mendapati status seorang teman (yang kebetulan sdh lama belum diberi keturunan) seperti ini :

.. banyak anak banyak rejeki,,, sedikit anak sedikit rejeki,,, gapunya anak gapunya rejeki... ~Gitu yaaaa???~


Ternyata memang masih banyak juga pendapat, komentar dan entah masih banyak hal-hal lain yang me nyudut kan pasangan yg belum mempunyai anak. Dan memang nya semudah itu untuk mempunyai anak ? karena tidak semua orang sama. Ada pasangan yang dinyatakan sehat oleh dokter tetapi tetap belum dikarunia keturunan karena memang belum waktu nya diberi olehNya.

Hampir sebagian besar pasangan yang ingin memiliki keturunan mengusahakan berbagai cara mulai dari berobat ke dokter hingga tidak sedikit yang pergi ke alternatif. Tapi justru karena sering disudutkan maka pasangan tersebut menjadi stress. Akibatnya kondisi fisik dan psikis mereka terpengaruh dan (mungkin saja) proses kehamilan menjadi terhambat.

Untuk itu maka aku ingin bilang bahwa walau belum diberi keturunan namun aku merasa beruntung karena Allah memberi ku rezeki berupa suami yang baik dan Insya Allah bisa menjadi imam buatku, orang tua yang selalu mengasihi ku dan memberi kekuatan disaat ku lemah, teman2 WK'ers tempat dimana kita semua bisa saling sharing dan menguatkan satu sama lain, juga saudara2 ku yang selalu mensupport.

Tulisan ini dibuat karena akhir2 ini aku banyak mendapati fakta bagaimana  orang masih  bertanya - tanya terhadap pasangan yang belum mempunyai keturunan, juga sekaligus sebagai motivasi untuk diri ku sendiri.

*Sebagian tulisan disadur dari salah satu majalah wanita dengan topik Aku Ingin Hamil*

21 comments:

  1. Ren.... tetep semangat yah..... yg penting bagian kita cuman berusaha...selebihnya biar Tuhan yg menentukan kapan waktu yg tepat buat kita....aminnnnn

    ReplyDelete
  2. setuju ma mba atha... tetap semnagat yaaa..... insyaAllah cepat ato lambat akan tiba giliran qt masing2... amiiin ya Rabbi

    ReplyDelete
  3. You're not alone, Mbak Ren *hug* Kita memang harus sabar, sabar, dan terus sabar hingga penantian itu tiba.

    ReplyDelete
  4. Waaah ren, syok bgt deh ren klo revi yg dikatain gt (...sini mau gue ajarin ga?). Lg dikatain gak tokcer aja udah menyayat hati bgt.. Sama ren, revi jg skrg dah mulai nyantai ngadepin dagdigdug tiap bulan apa bakal dtg bulan atau telat atau isi.. Dan bs begitu jg krn ngerasa dpt kekuatan dari suami dan ortu dari kedua pihak (mertua revi sebut ortu jg).. Yg sebelnya spt halnya crita reni, justru diusilin ama org2 di sekeliling..

    So, makasiy byk y ren udah mo sharing. Revi ngerasa makin pede krn gak sendiri.. Apalg stl cek tnyt alhamdulillah gak ada masalah, jd mudah2an hny msl waktu aja. Amiiin..

    ReplyDelete
  5. iyaa bener, anak itu rezeki, sama misteriusnya dengan jodoh dan maut jadi suka heran kok ada yang bisa ngata-ngatain spt itu...

    sama halnya berasa miris kalo ada yang sengaja memilih untuk gak punya anak, aduuuh speechless rasanya pingin jelasin kalo anak itu anugrah, blablabla tapi yang ada udah disamber duluan sama pihak lawan :(

    sharingnya bagus ren, aku terinspirasi buat nulis juga ahh..tengkyu ya.

    ReplyDelete
  6. Hehe..senasib ren, apalagi skrg adeku udh hamil. Pas pertemuan keluarga kmrn malah aku di bilang bodo ama saudara jauh,walau sambil ketawa tp ttp aja sebel. Dan beberapa selang kemudian aku liat sodaraku blg ama papaku, selamat ya citra (adeku) dah hamil,sambil mengacungkan jempol. GUBRAK.

    Tp ya masing2 ada rezekinya, so far aku lbh excited ama kehamilan adeku,sampe2 udh nyiapin panggilan segala hehe.

    To be honest, secara mental aku kok blm merasa siap dititipin amanah anak, tp klo dikasi alhamdulillah nda nolak hehe. Maaf klo pendapatku beda sama yg lain, walau byk org blg tiap anak bakal bawa rejeki sendiri, tp aku siy pgn bener2 settle biar bisa ngasi yg terbaik bwt anakku, secara ya skrg pendidikan dll muahalnya bukan maen hehe, so klo ada yg blg2 ga tokcer lah, teu bisaeun dll udh ga ngaruh :D

    Jd tmn2 senasib yg blm diberikan titipan oleh allah swt jgn putus semangat, segala omongan jelek jgn dipikirin, segi positifnya kita masih bisa pacaran ama misua kan :D

    ReplyDelete
  7. soal yg ini aku sebetulnya sama pendapatnya ama kiki.... krn aku maunya anak2 itu mendapatkan yg terbaik dari kita......tapi skarang ini aku udah yg pasrah ama Tuhan biar yg terbaik aja.....klo soal omongan orang sih bodo amat.......toh suami & aku sndiri gak pusing......chaiyoooooo

    ReplyDelete
  8. Iya mba silvy... Makasih ya support nya

    ReplyDelete
  9. @Martha, Atha, Yuli :

    Tetap semangat donk ... Ayo kita tdk boleh putus asa

    ReplyDelete
  10. He he .. martha sm atha khan sama ya ..
    Maksud ku dina juga :-)

    ReplyDelete
  11. wah.. di kantor ku ada org yg kalau dtg ke ktr pasti mengomentari hal2 yg menurut dia lebih hebat. Sebenar nya pengen juga nimpuk mulut nya pake hak sepatu .. he he
    Kalau mertua, si aa juga suka kasih tau sih. Tp ttp aja kita ga boleh marah sm mereka

    ReplyDelete
  12. Thanks ya non ..
    Nulis nya jgn cuma di blogspot donk, biar kita jg masih bisa baca2 n komentar

    ReplyDelete
  13. Aku dulu sempat punya pikiran seperti itu ki, secara tinggal aja masih di rumah ortu n si aa di kost2an. Mana transport LDR juga mahal.
    Tapi .. aku pernah denger nasihat dari seorang ulama kalau setiap anak itu udah ada rezeki nya masing2, juga tiba2 aku melihat ke sekeliling ku. Dimana mereka kondisi ekonomi nya dibawah aku, tp kog bisa menghidupi dan menyekolahkan anak nya, selama mau berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  14. siip...nanti kan bisa di import :)

    ReplyDelete
  15. Mba Reni, aku terharu banget deh bacanya.. Mba Reni ngga sendiri kok, aku pun begitu, tahun ini memasuki tahun ke 3 pernikahanku.. semua udah aku lewati, mulai dari nangis sendiri tiap abis ditanya orang, uring uringan dan gampang bgt tersinggung, sampai akhirnya aku bisa benar benar ikhlas menerima dan menyadari bahwa aku sangat percaya jika memang sudah waktunya pasti Allah akan memberikan, Jadi sekarang aku udah bener bener santai menghadapi semua saat ini.
    Mulai dari alternatif, dokter, semua sudah dicoba, kecuali bayi tabung,, masih belum sanggup, hahahaha..
    Alhamdulilah keluarga inti aku dan suami dan orang2 terdekat, bahkan temen2 ncc sangat mensupport aku.
    Mereka yang tidak mengalami memang ngga akan pernah tau rasa hati kita, makanya mereka bisanya banyak bertanya, dan terkadang seenaknya menjudge.. tapi kembali lagi, sabar dan ikhlas, terus berdoa dan terus berusaha..
    Finally,, thanks for share ya Mba Reni, Really appreciated .. Big Hug for Mba Reni :)

    ReplyDelete
  16. indahnya banyak sahabat dan teman yang mendukung...
    semuanya dikembalikan ke diri reni. dinikmati tiap menit nya ren...

    nanti akan ada fasenya, reni akan melihat kebelakang, dan tau betapa Allah memang Maha Tahu kapan waktu yang tepat bagi reni dan trio akan punya momongan..

    ttg omongan2 orang.. itu mah biasa.. ukuran kedangkalan berpikir, bisa juga dilihat dari komen mereka toh ? hehehe

    *maaf ya deeek, uni baru lihat. ini diposting uni masih di guangzhou deh kayaknya..hehehe

    ReplyDelete
  17. loh ini sepupunya uni dian toh? hehe salam kenal... saya anty adiknya uni dian (adik dalam pertemanan di blog maksudnya)

    ReplyDelete
  18. hehehhe.. iya.. reni anak dari adek papa uni anty..hehehe

    anti adek di blog... yang mengandung si internet ya.. hehehe

    ReplyDelete
  19. salam kenal juga ya anti ..

    uni dian mah adek dari internet nya banyak juga n lebih gampang contact melalui internet ... he he

    ReplyDelete
  20. hehehe mbak ayooo posting2 lagi... tar insya Allah mampir buat baca ^__^

    ReplyDelete