Wednesday, February 29, 2012

(Pregnancy Moment) Insya Allah 1,5 months to go

Insya Allah minggu ini sudah berumur sekitar 31-32w. 

Karena ngejar dr. Anita susah alias pas hari Sabtu kita datang ke RS. Emma Puradiredja ternyata beliau tidak dapat praktek karena ada seminar, trus hari Senin pagi telepon ke RSIA Hermina Pasteur untuk daftar, ternyata beliau sudah tidak praktek disana lagi  Akhirnya coba sms suster Ade alias asistennya dr. Anita, dibalas kalau hari Senin sekarang praktek di RS. Limijati. 

Tapi .... berhubung minggu kemarin itu tanggal sekarat dan dompet tidak memungkinkan untuk kontrol di Limijati, akhirnya diputuskan untuk kontrol ke bidan Okke di Galenia MCC aja, sekalian ninggalin jejak alias Rekam Medik, karena kan memang niat untuk melahirkan secara Gentle Birth disana.

 Pemeriksaan dengan bidan bedanya hanya di peralatan saja. Kalau di dokter sudah pasti dengan mesin USG yang bisa menunjukkan dengan jelas kondisi dalam kandungan, sedangkan di bidan hanya dengan rabaan tangan dan Doppler untuk menghitung detak jantung. CMIIW

Alhamdulillah ... katanya baby nya sehat dan detak jantungnya juga bagus (lupa berapa hitungannya). Cuma seperti biasa, karena karakteristik babynya yang memang aktif banget jadi sering buat bundanya merasa 'nikmat' banget perutnya alias sering kaku. 
Dan karena dari usia sekitar 28w sudah merasakan antara perut kaku/tegang  dan kontraksi palsu (Braxton Hick), maka semaksimal  mungkin harus dijaga supaya tidak terjadi kontraksi dini. Kalau Braxton Hick nya muncul yang harus dilakukan ya segera istirahat dan menarik napas dalam2.

Yang membedakan lagi adalah karena di Galenia kita sepakat menganut paham Gentle Birth, maka sudah pasti tidak dibekali dengan berbagai macam vitamin penunjang kehamilan. Hanya disarankan untuk memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup untuk kehamilan kita.

Yang pasti di usia segini perut semakin besar (tapi memang ini juga termasuk katagori kehamilan yang besar menurut orang2). Untuk memulai tidur sudah sulit mencari posisi yang pas, karena kalau tidak pinggang akan terasa sakit.

Insya Allah minggu ini akan kontrol lagi ke dr. Anita, karena selain memang frekwensi kontrol juga sudah 2 minggu sekali, juga ga sabar ketemu baby nya secara langsung (via USG tentunya)

17 comments:

  1. Mbak ren waaaah udah ga kerasa yaaaa...
    Aq msh 5bln lagi wkwkkkw msh lama yah... Tp ga kerasa euy
    Saling doain yaaa
    Btw aku nemu banyak temen dr GBUS, nemu bidan yg nyelenggarain waterbirth karena di depok belum ada klinik kayak galenia, kalopun ada itu di RS yg suasananya ga homeyyy...
    Saling doain ya mbaaak :)

    ReplyDelete
  2. GBUS apaan ya?
    aku ada rencana lahiran di Jkt
    tp blm nemu yg bisa memfasilitasi lahir normal
    Jaksel di Pasar Minggu
    ada saran tdk?

    ReplyDelete
  3. Gentle birth untuk semua
    Kurang tau mbak... :)
    Coba ke mbak2 senior yg org jkt
    Rumah sakit yg aku tau sih pasti normal dulu sblm yg laen2 cm kalo bermasalah biasany mrk lgsg cpt bertindak ke teknis lainnya..krn RS ga mau tanggung resiko+mrk pny SOP RS

    ReplyDelete
  4. mbak ren...bidan okke ada ga ya pas wiken di galenia?
    eh jadinya booking WB plus lotus kah di galenia?
    mg lancar ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  5. 15 w Insya اَللّهَ mohon doakan ya uni ^^

    ReplyDelete
  6. Cuma sebentar doank sih uni, utk cari posisi yg pas musti sakit2 dulu. Tapi sesudahnya mlh susah dibangunin :-)

    ReplyDelete
  7. Yang bener Jl. Badak Singa No. 8 :-)
    Positifnya gabung di GBUS, selain nambah temen, nambah ilmu trs aku jg jd siap banget sama kehamilan ini. Orang2 smp heran liat perutku yg besar dari ukuran sebenarnya, sering keram n tegang perutnya bahkan dari 28w udah mulai kontraksi, tapi kog aku nya ga pernah ngeluh. Alhamdulillah, semua qodar n prosesnya bisa dijalani dgn nikmat :-)

    ReplyDelete
  8. Kalau wiken suka susah krn kdg2 dinas di Hasan Sadikin.

    Kalau semua nya normal n lancar Insya Allah di Galenia .. Aamiin
    Tapi ga lotus birth, cuma delayed clumbing cord aja ... suami bilang takut repot ngurusnya, maklum ga ada asisten :-)

    ReplyDelete
  9. heeum mbak...aku msh blum brani juga lotus, mpe saat ini lbh mantep delayed clumbing cord nya ajah..
    btw..ikutan kelas2 pre natalnya di galenia jg kah mbak?
    aku tar keknya pas masuk bulan keenam baru mau ikutan hypnobirthing class nya..

    ReplyDelete
  10. cuma ikut yoga aja disana .. tp biasa nya pas selesai kita suka ngumpul2 dulu sm dr. Avi untuk diskusi2 .. Ikut kelas GB nya ? sayang duitnya .. he he

    ReplyDelete
  11. Aduhhh.. Aku ga sabar nungu berita kelahirannya nih hehe.. Cewe cowo ren? Sehat selalu ya

    ReplyDelete
  12. Aamin ... Makasih ya doa nya mami Baran

    ReplyDelete